7 Olahan Makanan Penurun Darah Tinggi yang Wajib Dicoba

7 Olahan Makanan Penurun Darah Tinggi yang Wajib Dicoba

Mengolah makanan penurun darah tinggi memang susah-susah gampang, karena para penderita hipertensi memiliki beberapa pantangan makanan yang harus dihindari. Jika Anda bingung dalam menyusun menu yang tepat dan baik untuk penderita tekanan darah tinggi, simak artikel di bawah ini!

  1. Sayur Bayam, Wortel dan Jagung

Sayuran sangat baik untuk kesehatan, terlebih bagi para penderita hipertensi. Mengonsumsi sayuran baiknya diolah dengan cara direbus, namun karena para penderita hipertensi harus mengurangi garam, maka dalam merebus bayam, wortel serta jagung dapat menggunakan sedikit garam kurang lebih 1/2 sendok teh saja. Anda juga dapat menambahkan sayuran lain sesuai selera.

  1. Bawal Kukus

Selain sayur, jika Anda gemar mengonsumsi ikan bawal maka olahan ini merupakan makanan penurun darah tinggi yang wajib Anda coba. Sebagai pengganti garam, Anda dapat menggunakan jahe yang diiris bentuk korek api, merica bubuk, serta bawang putih.

Sebagai pelengkap, Anda juga dapat menambahkan aneka sayuran seperti brokoli dan wortel yang juga ikut dikukus bersama dengan bawal beserta bumbu-bumbunya.

  1. Nasi Goreng Daun Mengkudu

Yang tak kalah lezat, Anda dapat mencoba nasi goreng daun mengkudu. Mengkudu dipercaya dapat mengobati hipertensi, untuk itu mengapa daun mengkudu dipilih sebagai pelengkap rasa nasi goreng bagi penderita hipertensi.

Untuk takaran satu piring nasi, Anda dapat menggunakan kurang lebih 7 lembar daun mengkudu. Nantinya daun mengkudu dapat Anda masukkan sesaat setelah Anda selesai menumis bumbu hingga berbau harum. Anda juga dapat menambahkan telur sebagai pelengkap nasi goreng.

  1. Ceker Ayam Kecap

Bagi Anda pecinta ceker ayam, masakan yang satu ini tak boleh dilewatkan. Ternyata ceker ayam mengandung zat kolagen yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Tak lupa untuk mengurangi takaran garam pada masakan dan gunakan kecap sebagai perasa. Selain kecap, Anda juga dapat menambahkan merica dan pala bubuk, kemiri, serta jahe.

  1. Sop Seledri

Seledri adalah salah satu sayuran yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Anda dapat membuat masakan lezat hanya dengan bahan-bahan sederhana seperti seledri, kentang dan wortel. Gunakan satu ikat seledri, dua buah kentang serta satu buah wortel. Anda bisa menggunakan 500 mililiter air dengan takaran garam seperempat sendok teh saja.

  1. Tumis Labu Siam

Labu siam juga dapat diolah menjadi masakan lezat dan kaya nutrisi, karena labu siam ternyata mengandung kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebagai perasa, Anda dapat menggunakan bawang merah, bawang putih, serta sedikit saus tiram.

  1. Puding Ubi Ungu

Anda juga dapat membuat puding ubi ungu dengan tambahan susu agar rasanya tetap gurih meskipun tanpa menggunakan garam. Gunakan 500 gram ubi ungu, 1 liter susu, 2 bungkus agar-agar plain, serta 250 gram gula pasir.

Itulah aneka makanan penurun darah tinggi yang dapat Anda coba, tak kalah lezat bukan? Selamat mencoba!