AUTOFRESH INFO
  • Selamat datang di autofresh.net media otomotif online Indonesia. Berbagai macam info dan pernak pernik otomotif semua bisa anda dapatkan disini
  • autofresh.net memberikan info jual-beli motor/mobil, sparepart, dan aksesorisnya di JUAL-BELI KENDARAAN
 
Periksa Alternator ? Lihat,Cium, Dan Dengarkan
Penulis :Robi A. | Senin, 23 September 2013 | 14:27 WIB Dibaca : 8721
 
Periksa Alternator ? Lihat,Cium, Dan Dengarkan
 

Alternator merupakan salah satu komponen pemasok listrik di mobil. Ia bekerja sama  dengan aki (baterai) untuk menghidupkan semua komponen listrik di kendaraan seperti lampu depan-belakang, lampu kabin, radio, wiper sampai klakson.

 

Prinsip kerjanya sederhana. Ia mengubah energy mekanikdari putaran kruk as menjadi energy listrik melalui proses induksi . Listrik yang dihasilkan alternator ini dipakai untuk memberi tenaga komponen listrik atau disimpan di aki.

 

Celakanya, banyak pemilik mobil yang mengabaikan kondisi alternator. Padahal ia memiliki banyak komponen bergerak, mudah terpapar kotoran dan mengalami stress tinggi dari suhu panas. Semua itu bisa menyebabkan ke ausan yang berujung kepada kematian alternator.

 

Bila alternator K.O di tengah jalan, enggak butuh waktu lama untuk membuat mesin berhenti beroperasi. Begitu tabungan listrik di aki habis, saat itu juga mesin akan mati. Pilihan yang tersedia bagi Anda hanya tinggal menelepon mobil Derek.

 

Untungnya ada beberapa teknik untuk mendeteksi kondisi alternator. Sebagian bisa memanfaatkan panca indera kita, sebagian lagi mesti dibantu alat ukur. Penasaran ? Silahkan lanjut membaca artikel ini sampai habis.

 

1.    Lihat Kondisi Sabuk Pemutar Alternator

Cek sabuk yang memutar alternator. Lihat apakah sudah mengalami retak atau getas akibat termakan usia. Bila ini yang terjadi, lekas ganti dengan belt yang baru. Soalnya , kalau sabuk alternator yang getas terus dipertahankan maka resiko putus semakin besar. Bila komponen ini terputus, alternator akan berhenti bekerja memasok listrik. Apalagi mesin modern saat ini hanya mengusung single belt. Jadi bila ia putus, maka ada komponen lain yang akan berhenti bekerja seperti water pump dan kompresor AC.

 

2.    Lihat Sinyal dari Warning Light

Lampu indicator (warning light) di mobil yang member tanda kepada pengemudi ada masalah pada alternator adalah symbol aki berwarna merah. Bila sinyal ini muncul saat mesin mobil menyala berarti ada masalah di sistem pemasok listrik atau alternator.

 

Ini bisa terjadi karena lampu indicator tersebut terhubung ke sistem computer mobil yang memantau output tegangan listrik dari alternator. Bila output alternator di bawah batas yang ditentukan, maka warning light tersebut akan menyala. 

Cara deteksinya gampang. Hidupkan mesin mobil lalu nyalakan satu per satu komponen listrik . Misalnya AC dulu, head unit, lalu lampu depan, sein, kabin dan seterusnya. Bila warning light menyala ketika satu komponen listrik (misalnya lampu depan) dan kembali mati ketika komponen tersebut dimatikan , bisa diperkirakan gangguan alternator masih di tahap awal. 

Begitu juga ketika simbol aki ini muncul sesaat (1-2detik) saat mobil melaju atau idle. Ini bisa menjadi deteksi awal bahwa alternator mulai mengalami masalah. Namun, jika menyala terus berarti kondisi alternator sudah rusak parah dan tak berfungsi lagi. 

3.    Dengarkan Suara yang Muncul dari Alternator 

Puli alternator umumnya berputar 3 kali lebih cepat dari puli kruk as . Gunanya untuk memasok tenaga listrik saat mobil idle atau putaran rendah. Puli alternator ini di support oleh bearing dan bushing. Bila komponen tersebut aus atau rusak akan muncul bunyi menggeram atau berdecit yang menggangu .Lekas bawa ke bengkel untuk diperiksa.

4.    Cium Bau Karet atau Kabel Terbakar 

Bau karet atau kabel terbakar dari alternator bisa menjadi indikasi terjadi malfungsi di komponen tersebut. Puli yang tidak berputar bebas atau tidak selaras bisa meningkatkan friksi yang kemudian menimbulkan panas pada sabuk alternator. Sehingga muncullah bau karet terbakar. Bau kabel terbakar juga bisa ditimbulkan dari alternator yang overheat akibat memberikan tenaga berlebihan pada rotor.

   

5.    Gunakan Voltmeter 

Untuk hasil yang maksimal gunakan voltmeter. Soalnya, alat ini bisa mendeteksi performa actual alternator. Baik itu besarnya hambatan antara kabel dari alternator ke aki serta tegangan listrik yang dihasilkan oleh alternator. 

Output normal alternator berkisar antara 13-14 volt. Bila angka yang keluar di bawah rentang itu istilahnyaundercharge. Sementara itu bila di atas patokan tersebut disebut overcharge.

Mekanik umunya melakukan pengecekan output alternator dalam tiga kondisi. Pertama, stasioner tanpa beban listrik dari peralatan elektronik (lampu, head unit, AC, dan lain-lain). Kedua, idle dengan beban penuh.Terakhir, putaran mesin dinaikkan.

 

 
Artikel Terkait

- Tips Agar Tetap Bisa Berbuka Walaupun Masih Dalam Perjalanan
- Komponen Motor Yang Harus Diperiksa Sebelum Mudik
- Mengatasi Motor Yang Mati Disaat Hujan Dan Banjir
- Tips Aman Berkendara Bagi Ibu Hamil
- Jangan Lupakan Mengatur Rem Tangan
 
Rabu, 24 April 2013 14:54
Tips Wajib Diketahui Mengenal 5 Macam Oli Untuk Pemilik Mobil
........................................................
Selasa, 25 Juni 2013 14:41
Tips Atasi Tenaga Mesin Mobil Drop Saat AC Nyala
........................................................
Selasa, 18 Juni 2013 11:46
Masalah Dan Tips Memeriksa Kaki-Kaki Mobil
........................................................
Rabu, 29 Mei 2013 09:30
6 Cara Membuat Motor Lebih Kencang
........................................................
Senin, 03 Desember 2012 15:39
Trik Mengatasi Suara Mesin Ngelitik yang Mengganggu
........................................................
Kamis, 05 Maret 2015 10:44
Mengatasi RPM Mobil Injeksi Bermasalah
........................................................
Rabu, 26 Juni 2013 14:10
Cara membersihkan kerak di mesin mobil
........................................................
Rabu, 03 Juli 2013 09:47
5 Bunyi Mesin Yang Harus Diwaspadai
........................................................
Senin, 23 September 2013 14:27
Periksa Alternator ? Lihat,Cium, Dan Dengarkan
........................................................
Jumat, 22 Maret 2013 16:12
Tips Jika Kompresor AC Mobil Bermasalah
........................................................
Untitled Document
   
   
  Iklan Baris Untitled Document
       
Home Auto Tips Lokasi Bengkel Autofresh Shop
Franchise Carwash Review Produk Booking Ticket Travel Karir
Franchise Motorwash Komunitas Jual Beli Kendaraan Tentang Kami
  News Lokasi SPBU Pasang Iklan Contact Us
  Link Group :   mcmmedianetworks.co.id | jagoanmusik.id | kpopradio.net | radiosoftware.web.id | sifmradio.com | mersifm
 
  Copyright @2017. Autofresh.net. Member of McmMediaGroup. Design and Layout by McmMedianetworks.     
track traffic