Tips Memilih Mainan yang Aman untuk Bayi

Tips Memilih Mainan yang Aman untuk Bayi

Tidak jarang Anda melihat bayi yang asyik menggigit, menggenggam, maupun menghisap mainannya. Hal ini wajar, dikarenakan pada tahapan tersebut sistem motorik bayi sedang berkembang. Dikarenakan kondisi tubuh bayi yang masih rentan terserang penyakit dan juga kecenderungannya untuk menggigit dan menghisap mainan, Anda diwajibkan waspada dalam membeli mainan di toko perlengkapan bayi.

Mari simak ulasan di bawah ini sebelum Anda membeli mainan bayi.

  • Waspadai Mainan Bayi dari Bahan Berbahaya

Ketika Anda membeli mainan untuk bayi Anda di toko perlengkapan bayi, pastikan Anda memilih mainan yang bebas dari bahan atau zat kimia berbahaya seperti merkuri, plasticizer, timbal, arsenic, phthalates, maupun cadmium.

Bahan-bahan kimia ini sering kali dipakai pada pembuatan plastik dan terbukti menyebabkan iritasi, gangguan pernapasan, pencernaan sampai kematian.

  • Memilih Mainan Bayi dengan Merek Ternama

Anda harus menyadari bahwa merek juga menjamin kualitas. Bukan berarti bahwa sesuatu yang bermerek harus selalu dibeli dengan harga yang mahal. Ada banyak jenis mainan bermerek yang juga bisa Anda jumpai di toko perlengkapan bayi dengan harga terjangkau.

Produk dengan merek ternama biasanya memiliki banyak pelanggan dan kualitasnya sudah terjamin. Mainan bayi dengan merek ternama umumnya sudah mengantongi lulus uji lab dan memiliki nomor ijin BPOM.

  • Memilih Mainan yang Sesuai dengan Usia Bayi Anda

Ketika berencana membelikan mainan untuk si kecil, sebaiknya mainan yang Anda pilih sudah sesuai dengan usia bayi Anda. Bayi dibawah 6 bulan kebawah, belum bisa memainkan balok-balok ataupun puzzle. Bayi usia ini lebih cocok diberikan mainan seperti rattle atau baby gym.

Sedangkan bayi berusia 1 tahun keatas bisa dibelikan mainan seperti soft book, mobil-mobilan atau permainan mengenal huruf. Pada usia 1 tahun keatas, bayi sudah memiliki ingatan yang lebih kuat dibandingkan usia bulanan.

Memilih mainan berdasarkan usia bayi akan membantu dalam mengarahkan pertumbuhan bayi Anda sesuai dengan perkembangan usianya. Awalnya, Anda perlu mengajarkan yang lebih mudah dicerna atau lebih mudah dilakukan ketika bayi Anda berusia bulanan. Bayi berusia bulanan masih belajar untuk menggenggam dan menggigit. Maka dari itu rattle atau teether sangatlah cocok bagi mereka. Sedangkan bayi diatas 1 tahun sudah bisa diajarkan memainkan balok atau kereta.

Itulah beberapa tips sederhana dalam memilih mainan yang aman bagi bayi Anda. Agar lebih yakin dengan kualitas mainan yang akan dibeli, sebaiknya Anda membelinya di toko perlengkapan bayi yang sudah terbukti kredibel. Jika belum memiliki toko langganan, tidak ada salahnya apabila Anda meminta rekomendasi kepada keluarga atau teman yang mungkin saja sudah memiliki referensi toko yang terpercaya.