Serupa Tetapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Toyota Innova Tipe G dan Tipe V

Serupa Tetapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Toyota Innova Tipe G dan Tipe V

Berbicara mengenai mobil keluarga yang paling legendaris produksi Toyota pasti tidak akan lepas dari nama Toyota Kijang Innova. Mobil ini adalah mobil keluarga yang sangat laris di pasaran mobil dalam negeri. Sudah lebih dari 10 tahun Toyota Kijang Innova merajai bursa mobil Indonesia untuk kelas mobil MVP. Tentu saja hal ini dikarenakan oleh fiturnya yang lengkap serta harganya yang cukup terjangkau.

Selain kedua hal di atas, nyatanya masih ada banyak kelebihan Toyota Innova dibandingkan dengan mobil lain di kelasnya. Sebagai contoh, performa mesinnya yang bertenaga dan gahar dengan dua varian, yakni varian solar dan varian bensin sehingga memudahkan konsumen untuk memilih mana tipe yang paling cocok dengan kebutuhan mereka

Kebutuhan permintaan masyarakat Indonesia memang sangat beragam dan rupanya Toyota sangat cermat untuk melihat hal tersebut. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai varian dari Toyota Kijang Innova, yakni tipe G dan tipe V. Masing-masing tipe ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lantas, apa saja perbedaan tersebut?

Perbedaan dari Segi Eksterior

Perbedaan pertama yang dapat terlihat dari kedua tipe Toyota Kijang Innova tersebut adalah pada bagian interiornya. Sekilas memang desain eksterior dari keduanya ini tidak ada perbedaan yang cukup mencolok. Ketua tipe ini mempunyai desain yang eksklusif dan juga gagah. Namun, jika diperhatikan lebih detail lagi, terdapat perbedaan di bagian grill bumper.

Toyota Kijang Innova tipe G memiliki grill bumper depan degan warna silver, yakni mengikuti warna dari bodi mobil, sedangkan Toyota Kijang Innova tipe V memiliki warna chrome sehingga tampak lebih eksklusif. Tidak hanya pada bagian bumper saja, namun perbedaan warna tersebut juga terdapat di beberapa bagian lain seperti mesin yang digunakan.

Selanjutnya, perbedaan eksterior yang dapat terlihat di antara kedua tipe Toyota Kijang Innova tersebut adalah pada bagian spion mobilnya. Toyota Kijang Innova tipe G mengadopsi spion yang telah dilengkapi fitur elektrik yang bisa diatur dari kursi kemudi. Warna spion ini juga mengikuti warna bodi. Di sisi lain, spion pada tipe V didukung fitur retractable, elektrik, dan welcome light yang membuat penumpang lebih mudah masuk kabin di tempat gelap.

Perbedaan dari Segi Interior

Perbedaan berikutnya terletak pada segi interiornya. Ketika Anda masuk ke masing-masing mobil tersebut, Anda mungkin akan langsung bisa menemui perbedaan yang cukup mencolok, yakni dari desain kabinnya. Pada Toyota Kijang Innova tipe V, Anda akan melihat ruangan kabin dengan balutan warna silver dan hiasan ornamen-ornamen kayu yang membuat kombinasi yang apik.

Sementara itu, saat masuk ke kabin Toyota Kijang Innova tipe G, Anda akan melihat kabin dengan warna yang mirip dengan tipe pendahulunya, yakni tipe J dan tipe E. Namun, ada sebuah penyegaran yang dilakukan, yaitu adanya tombol kemudi yang disisipi dengan warna yang lebih segar dan fitur-fitur tambahan seperti Miracast, HDMI, Blue Illumination, dan seat back table.

Perbedaan dari Segi Performa Mesin

Terakhir, perbedaan terletak pada performa mesin atau dapur pacunya. Toyota membekali Innova dengan dua jenis mesin, yaitu 2.393 cc (diesel) dan 1.998 cc (gasoline). Tentu saja masing-masing kapasitas ini mempunyai performa yang berbeda-beda. Sebagai contoh, mesin 1.393 cc atau diesel dapat menghasilkan tenaga hingga 149 PS di 6.000 rpm dengan puncak torsi 36.7 Kgm/1.200 rpm.

Lantas, bagaimana performa dari mesin gasoline atau yang berkapasitas 1.998 cc? Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga hingga 139 PS di 5.600 rpm dengan torsi maksimal hingga 18.7 Kgm di 4.000 rpm. Perbedaannya memang sepertinya cukup mencolok. Kapasitas mesin antara keduanya juga berbeda. Haya saja, meski mesinnya cukup besar, namun konsumsi bahan bakar ini lumayan irit, hanya 1 liter/27,9 km.

Itulah beberapa perbedaan antara mobil Innova tipe G dan tipe V. Seperti telah disebutkan di awal, perbedaan ini memang lebih mengarah ke selera konsumennya. Tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk. Yang jelas, keduanya merupakan mobil yang sangat pantas untuk digunakan sebagai mobil keluarga untuk menemani perjalanan sehari-hari.