• Selamat datang di autofresh.net media otomotif online Indonesia. Berbagai macam info dan pernak pernik otomotif semua bisa anda dapatkan disini
  • autofresh.net memberikan info jual-beli motor/mobil, sparepart, dan aksesorisnya di JUAL-BELI KENDARAAN
     
Masalah Akibat Ganti Kaki-Kaki Mio
Konsultan : Ade | Rabu, 24 Desember 2014 | 15:08 WIB Dibaca : 2308
 
Masalah Akibat Ganti Kaki-Kaki Mio
 

permisi nih semua aku mau tanya kenapa setelah mengganti kaki mio dari velek ke lingkar 17 dalam beberapa minggu terjadi bunyi gesekan yang berasal dari daerah as roda belakang dan box tempat vbelt itu kenapa ya ? tolong jawab yang yg tau solusi nya

Jawaban :

Banyak pecinta modifikasi yang mengubah ukuran diameter roda standar matic nya dari 14 inci ke 17 inci, terutama yang senang dengan modifikasi thailand look, alasannya selain keren juga bikin beda dari yang lain benar tidak?

Tapi disamping ingin tampil keren pemilik motor harusnya mengetahui efek dari merubah ukuran roda tersebut. Sebelum menjawab pertanyaan anda saya akan terebih dahulu memberi sedikit informasi tentang efek merubah ukuran roda.

efek paling terasa adalah tarikan awal pasti lebih berat, tapi ini berbanding terbalik dengan putaran atas nya (lebih enteng dari standar pabrik nya lho).

 
kalau mau lebih enteng tarikan pertama nya disarankan untuk mengganti Per CVT dengan yg lebih keras dan mengganti roller dengan ukuran yg lebih ringan.
 
Ban pasti akan mentok dengan box filter ketika shock sedang bekerja ketika jalan rusak atau ada polisi tidur, hal itu Karena paling besar ban yang bisa masuk hanya ukuran 80/80-17. Itu pun khusus skutik Honda dan Suzuki. Kalau Yamaha mentok 70/90-17.
 
Efeknya jelas tapak ban sangat sempit, kalau rebah minim grip, jadi mesti lebih pelan di tikungan. Apalagi jika ditambah aspal basah atau berpasir.
 
Efek lain setelah ganti ukuran pelek adalah ngaco-nya spidometer. Ngaco bukan dalam artian jarum jadi naik-turun. Namun pembacaan jadi lebih pelan. Kalau masih pakai pelek 14 inci tertera 60 km/jam, kalau sudah ganti 17 inci bisa hanya sekitar 40 km/jam.
 
Kenapa begitu? Dikarena­kan untuk menempuh jarak yang sama, dengan diameter lebih besar butuh putaran roda lebih sedikit. Makanya spido jadi lebih pelan. So hati-hati ya, jangan tertipu.
 
Satu lagi efek yang jangan dilupakan adalah konsumsi bahan bakar. Dijamin motor lebih rakus minum bensin, karena beban mesin memutar roda lebih berat. Selain menyedot bahan bakar lebih banyak, mesin terutama bagian garda  akan menjadi lebih banyak bekerja dari kondisi standart.
 
Jadi anda pasti sudah sedikit mengerti beberapa efek jika anda merubah ukuran ban anda. Nah, kalau masalah bunyi gesekan itu biasanya sering terjadi karena karet Vbelt sudah kendur atau kondisi CVT dan blok garda sudah kotor akibat karet yang lama kelamaan terkikis. sehingga menjadi debu/kotoran yang menumpuk di dalam garda.

Karet Vbelt dan CVT pasti ikut lebih banyak bekerja dan cepat aus ketika anda mengganti ukuran ban.

 
 
Baca Konsultasi Yang Lain
- Rantai Keteng Megapro Kendur
- Lampu Utama Motor Redup
- Oli Kebanyakan
- Mesin Satria FU Jadi Makin Kasar
- Saran & Nasehat memilih Motor Sport 150cc
 
| POLLING
Bagaimana Layanan Transportasi Publik Di Indonesia Saat ini
Baik
 33%
Biasa
 31%
Kurang
 36%
 

| Klinik Kendaraan

Kamis, 28 September 2017 15:35
motor gp 100
Senin, 18 September 2017 16:40
sekedar bertanya beat f1
Senin, 18 September 2017 16:35
Motor smash
Senin, 18 September 2017 15:58
KECEPATAN MOTOR BEAT BERMASALAH
Senin, 21 Agustus 2017 17:03
Turun mesin supra x 125 hi fi
Senin, 21 Agustus 2017 17:03
berebet
Senin, 21 Agustus 2017 17:03
motor kadang ngebul
Senin, 21 Agustus 2017 17:03
Knalpot
Senin, 21 Agustus 2017 17:03
Suzuki smash pke karbu PE 28
Senin, 21 Agustus 2017 17:02
Tangki Bocor

 

  Iklan Baris Untitled Document
       
Home Auto Tips Lokasi Bengkel Autofresh Shop
Franchise Carwash Review Produk Booking Ticket Travel Karir
Franchise Motorwash Komunitas Jual Beli Kendaraan Tentang Kami
  News Lokasi SPBU Pasang Iklan Contact Us
  Link Group :   mcmmedianetworks.com | jagoanmusik.com | kpopradio.net | radiosoftware.web.id | sifmradio.com | mersifm.com
 
  Copyright @2018. Autofresh.net. Member of McmMediaGroup. Design and Layout by McmMedianetworks.     
track traffic