Jangan Remehkan Alergi Kulit Pada Anak

Jangan Remehkan Alergi Kulit Pada Anak

Anak-anak bisa dikatakan masih cukup rentan terkena berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu, di masa tersebut gizi anak harus selalu terpenuhi. Beberapa penyakit mungkin akan menyerang, salah satunya adalah alergi kulit. Alergi kulit pada anak memang cukup mengganggu dan bisa membuat gairah anak berkurang secara drastis.

Ketika anak mengalami alergi kulit ini, akan muncul ruam pada kulit. Walaupun tidak terlalu berbahaya, sebaiknya penyakit ini tidak dianggap sepele karena jika dibiarkan, kondisi tersebut bisa mengakibatkan gangguan lain. Jenis alergi kulit ini ada beragam. Agar lebih jelas, perhatikan uraian singkat mengenai jenis alergi kulit anak di bawah ini.

Jenis Alergi Kulit yang Sering Terjadi pada Bayi dan Anak

  1. Alergi disebabkan oleh air liur

Jenis alergi kulit yang pertama adalah alergi yang disebabkan oleh air liur. Tak jarang ada kasus ketika air liur anak tidak terkendali dan membasahi daerah sekitar mulut dan dagu. Ketika ada kontak ini, kulit anak akan menjadi kemerahan dan muncul ruam-ruam di sekitar lokasi. Alergi ini kerap tidak disadari oleh para orang tua karena hanya sedikit saja kemungkinan anak memilikinya.

  1. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak merupakan jenis alergi kulit yang terjadi pada anak karena adanya kontak langsung dengan zat yang memicu alergi. Ketika bersentuhan dengan zat tersebut, kuli akan mengalami rasa gatal, kulit menjadi kering dan bersisik, serta muncul ruam. Zat pemicu ini beragam, antara lain parfum, debu, bulu hewan, detergen, dan lain-lain.

  1. Gatal-gatal

Jenis alergi kulit berikutnya adalah gatal-gatal. Gatal yang dimaksud ini adalah adanya benjolan merah dan terasa gatal seperti setelah digigit oleh nyamuk. Gatal yang timbul karena alergi ini biasanya akan berlangsung tidak sebentar, yakni dalam beberapa jam bahkan beberapa hari. Namun, lama kelamaan alergi ini akan sembuh dengan sendiri.

  1. Bengkak

Selain rasa gatal, ada pula alergi yang muncul berupa angioedema. Pada kasus ini, terjadi pembengkakan di bagian bawah kulit dan dapat terjadi di beberapa bagian tubuh seperti kelopak mata, organ kelamin, dan bibir. Yang perlu diwaspadai adalah ketika terjadi di bagian tenggorokan, hal ini akan menyebabkan anak menjadi sesak napas.

  1. Eksim

Jenis alergi kulit yang terakhir adalah eksim. Namun, kasus ini jarang sekali terjadi, yakni sekitar 10% saja. Eksim ini ditandai dengan adanya ruam di bagian wajah dan kemudian menyebar ke lengan dan dada. Saat muncul ruam ini biasanya diikuti dengan kulit kering dan infeksi pada kulit.

Itulah kelima jenis alergi kulit pada anak yang wajib diketahui. Jika muncul alergi dan membuat anak sangat terganggu, sebaiknya anak cepat dibawa ke dokter spesialis kulit untuk segera mendapatkan perawatan yang tepat. Hal ini agar meminimalkan terjadinya masalah tambahan jika tidak segera ditangani.