5 Fakta Kandungan Gula pada Susu Formula

5 Fakta Kandungan Gula pada Susu Formula

Memenuhi kebutuhan gizi buah hati menjadi kewajiban bagi setiap orang tua. Susu formula menjadi salah satu sumber gizi yang bisa diberikan kepada anak. Namun, para orang tua juga harus memperhatikan kadar gula yang ada pada susu. Berikut akan dibahas 5 fakta mengenai kandungan gula pada susu formula.

  1. Jenis Gula

Memang tidak bisa dipungkiri kalau susu formula mengandung gula. Produk susu formula itu sendiri dibedakan berdasarkan usia si anak. Ternyata jenis gula yang ada pada susu formula juga berbeda sesuai dengan aturan usia tersebut. Itulah mengapa sebaiknya pilih dengan teliti agar tidak salah memberikan susu untuk si kecil.

Jenis gula yang ada di susu formula untuk usia di bawah 6 bulan dan di atas 6 bulan memiliki perbedaan. Pada susu formula anak di bawah 6 bulan, jenis gula yang ditemukan adalah laktosa dan maltosa. Sementara itu untuk susu bagi anak di atas 6 bulan ditemukan jenis gula sukrosa.

  1. Fungsi Gula

Sebenarnya apa fungsi gula dalam susu formula? Perlu diketahui bahwa keberadaan gula memiliki fungsi yang cukup penting bagi si buah hati. Gula merupakan jenis karbohidrat yang sederhana dan sangat mudah untuk dicerna. Hal ini akan mempermudah tubuh bayi dalam mencerna dan mendapat energi.

Tubuh bayi diketahui belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna seperti milik orang dewasa. Gula dalam susu formula merupakan jenis karbohidrat yang sangat mudah dicerna oleh tubuh bayi. Selain itu jenis gula laktosa pada susu formula juga memiliki fungsi menjaga adanya bakteri baik di dalam tubuh.

  1. Kontrol Gula

Orang tua tidak seharusnya memberikan susu formula dengan kadar gula yang tidak terkontrol untuk anak. Hal ini akan menyebabkan gangguan kesehatan pada anak di masa pertumbuhannya. Anak yang mengonsumsi terlalu banyak gula akan memiliki risiko obesitas yang tinggi.

Agar tidak terjadi obesitas, orang tua harus selektif memilih jenis susu formula untuk buah hati mereka. Sangat disarankan untuk memilih susu formula dengan kadar gula yang tidak terlalu tinggi. Hal ini dilakukan agar anak tidak terlalu banyak mendapat asupan gula yang bisa mengganggu keseimbangan tubuhnya.

  1. Kadar Gula

Jumlah gula yang terkandung di dalam susu formula berbeda-beda tergantung merek. Ada produk susu yang kadar gulanya sangat rendah, kurang dari 10 g per 100 g susu. Tapi ada juga produk susu dengan kadar gula yang cukup tinggi bisa mencapai 60 g per 100 g susu.

Kadar gula ini sudah tercantum dalam kemasan produk susu formula. Pastikan untuk membaca terlebih dahulu berapa kadar gula yang ada di dalam susu tersebut. Hindari memilih jenis susu formula dengan kadar gula yang tinggi demi kesehatan si kecil.

  1. Tanda Gula Tinggi

Orang tua tentu harus sangat berhati-hati dengan tingginya kadar gula dalam susu formula. Kita bisa melihat apakah kadar gula dalam susu tinggi atau tidak saat membuatnya. Saat proses pengadukan, biasanya akan muncul buih. Jika buih yang dihasilkan banyak maka susu formula tersebut mengandung gula dalam kadar tinggi.

Saat diaduk biasanya gula akan mengalami karamelisasi dan akan menghasilkan buih. Jadi, coba Anda perhatikan apakah susu formula yang Anda berikan kepada anak menghasilkan banyak buih saat diaduk atau tidak.

Itulah tadi 5 fakta mengenai kandungan gula pada susu formula. Anak harus mendapatkan asupan gizi yang seimbang dan lengkap. Namun, orang tua juga harus memastikan tidak ada zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh si kecil. Termasuk kandungan gula yang bisa berbahaya jika ada dalam kadar tinggi.